Gandeng Sastrawan Asia Tenggara, Fadli Zon Dirikan PSBNS

Written By RajaBlog on Thursday, November 21, 2013 | 3:55 PM


Jakarta - Budayawan Fadli Zon dan sejumlah Sastrawan Asia Tenggara mendeklarasikan pembentukan Perhimpunan Sastra Budaya Negara Serumpun (PSBNS), di Jakarta, harini.


Acara deklarasi berlangsung mulai di Rumah Budaya Fadli Zon, Sumatera Barat, dan dihadiri delegasi dari enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Total peserta yang hadir adalah lebih kurang 70 orang.


Fadli Zon, dewan redaksi majalah sastra Horison yang juga pendiri Fadli Zon Library, ditunjuk menjadi Ketua Umum PSBNS. Sementara Free Hearty sebagai Ketua Eksekutif, dan Sastri Sunarti Sweeney sebagai Sekretaris Jenderal.


"Saya yakin PSBNS akan menjadi jembatan penghubung dalam membina kerjasama antar negara serumpun," kata Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua Umum Gerindra, di Jakarta, Kamis (21/11).


Dia juga menjelaskan keanggotaan PSBNS tak hanya terbatas 6 negara Asia Tenggara yang ikut deklarasi pada hari ini saja. PSBNS membuka diri kepada sastrawan dan budayawan dari berbagai negara lain.


Setiap negara yang tergabung dalam PSBNS disebut Chapter. Para Ketua Chapter diantaranya untuk Indonesia adalah Handoko F. Zain Sam, Brunei Darussalaam adalah Brahim Tengah, Malaysia adalah Jasni Matlani, Singapura adalah Anie Din, Timor Leste adalah Alexandra Araujo Tilman, dan Thailand oleh Nik Rakib.


Kedepannya, kata Fadli, PSBNS memiliki program antara lain penerbitan antologi cerpen dengan tema budaya etnis dan warna lokal masing-masing negara yang ditulis dalam bahasa Melayu.


Selain itu, penerbitan tanggapan pembaca atau kritik sastra; pertukaran penulis ke masing-masing negara anggota; pelatihan penulisan kreatif.


"Lalu pendirian kelompok pembaca, pengkajian akademis, dan penerjemahan karya sastra," ujar Fadli.



Anda sedang membaca artikel tentang

Gandeng Sastrawan Asia Tenggara, Fadli Zon Dirikan PSBNS

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/11/gandeng-sastrawan-asia-tenggara-fadli.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gandeng Sastrawan Asia Tenggara, Fadli Zon Dirikan PSBNS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gandeng Sastrawan Asia Tenggara, Fadli Zon Dirikan PSBNS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger