Anas: Pergerakan Indonesia Bukan Ormas Perlawanan

Written By RajaBlog on Sunday, September 15, 2013 | 3:39 PM





JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengklaim organisasi masyarakat yang digagasnya, yakni Ormas Pergerakan Indonesia (PI) bukanlah suatu gerakan perlawanan yang dibentuk setelah Anas dilengserkan dari kursi ketua umum Partai Demokrat.

"Apakah ini gerakan perlawanan? Jawabannya bukan, ini adalah gerakan untuk memajukan dan memuliakan kebudayaan kita, untuk memajukan harmoni sosial dalam kemajemukan kita," kata Anas dalam sambutannya saat peluncuran Rumah Pergerakan Indonesia di kediaman Anas, Duren Sawit, Jakarta, Minggu (15/9/2013).

Dia mengatakan, Pergerakan Indonesia merupakan gerakan anti-berdiam diri dan berpangku tangan yang anti-kebencian, kemarahan, serta permusuhan kepada siapa pun. "Ini adalah perspektif positif untuk memprovokasi potensi anak bangsa dan seluruh kecakapan untuk keluar dan berkontribusi," lanjutnya.

Mantan ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini pun menegaskan bahwa Pergerakan Indonesia bukan sekadar gerakan politik melainkan juga gerakan yang menggunakan pendekatan kebudayaan. "PI bukan sekedar politik. Justru fokus untuk memajukan dan memuliakan kemanusiaan kita berbhineka tunggal ika. Kami punya mimpi dengan pendekatan kultural, kebudayaan, dan harmoni. Kami ingin beri bumbu dan substansi bagi kehidupan yang ada bagi kemajuan kita," tuturnya.

Dalam hal ekonomi misalnya, kata Anas, pembangunan ekonomi sedianya disuntik dengan semangat gotong royong yang menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Anas juga meminta agar Pergerakan Indonesia tidak diidentikan dengan dirinya. "Tidak ada rumus Pergerakan Indonesia adalah Anas, Anas adalah Pergerakan Indonesia. Yang ini saya tegaskan adalah Anas bagian dari Pergerakan Indonesia tetapi Pergerakan Indonesia bukan Anas," ucapnya.

Anas dan loyalisnya membentuk ormas yang dinamakan Pergerakan Indonesia. Hari ini, ormas tersebut meluncurkan "Rumah Pergerakan Indonesia" yang berlokasi di kediaman Anas di Duren Sawit, Jakarta. Hadir dalam peluncuran ini, sejumlah politisi Partai Demokrat, di antaranya Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok, Wakil Sekjen Partai Demokrat Saan Mustopa, dan anggota fraksi Partai Demokrat Gede Pasek Suardika. Hadir pula mantan rekan Anas di Komisi Pemilihan Umum, antara lain, mantan Ketua KPU Nazaruddin Sjamsuddin, dan mantan anggota KPU Mulyana W Kusumah.




Editor : Egidius Patnistik
















Anda sedang membaca artikel tentang

Anas: Pergerakan Indonesia Bukan Ormas Perlawanan

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/09/anas-pergerakan-indonesia-bukan-ormas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Anas: Pergerakan Indonesia Bukan Ormas Perlawanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Anas: Pergerakan Indonesia Bukan Ormas Perlawanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger