Medio Oktober, Rencana Peletakan Batu Pertama Proyek MRT

Written By RajaBlog on Sunday, September 15, 2013 | 3:52 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Joko Widodo memastikan peletakan batu pertama atau groundbreaking megaproyek MRT (Mass Rapid Transit) dilakukan di Dukuh Atas, Jakarta Selatan. Nantinya, Dukuh Atas akan jadi stasiun integrasi moda transportasi terbesar di Jakarta.

"Di Dukuh Atas groundbreaking-nya.Saya kemarin lewat sudah disiapkan rangka-rangkanya," ujar Jokowi di Jakarta pada Minggu (15/9/2013).


Dihubungi terpisah, Direktur Utama PT MRT Dono Bustami membenarkan rencana peletakan batu pertama di wilayah Dukuh Atas tersebut. Sementara soal waktu, dia pun memperkirakan akan dimulai tengah bulan Oktober 2013 yang akan datang.

Dono pun meminta masyarakat Jakarta, khusus nya yang sering melintas di Dukuh Atas tidak terlalu khawatir akan kemacetan yang melanda. Pihaknya telah mengantisipasinya dengan traffic management construction pada saat dibangun.

"Akan dibangun siang malam, tapi jangan khawatir. Traffic management-nya sudah ada, sudah kita siapkan dari sebelum-sebelumnya," ujarnya.

Selain itu, Jokowi pun memastikan, ke depannya, stasiun Dukuh Atas akan jadi stasiun yang terintegrasi dengan sejumlah moda transportasi yang lainnya, yakni MRT, Transjakarta serta kereta rel listrik.

"Stasiun Sudirman, Shelter Dukuh Atas bakal digabung. Nanti akan jadi terbesar itu," lanjut mantan Wali Kota Solo tersebut.

Seperti diketahui, pengerjaan proyek MRT dibagi menjadi delapan paket konstruksi sipil. Rinciannya, tiga konstruksi sipil bawah tanah (underground) yaitu Jalan Sisimangaraja hingga Bundaran Hotel Indonesia, tiga konstruksi sipil layang yaitu Lebak Bulus hingga Al Azhar dan dua paket pengadaan sistem dan rolling stock.

Dari delapan paket tersebut, enam paket sudah dilakukan lelang tender terlebih dahulu, yakni tiga paket bawah tanah dan tiga paket MRT layang. Konstruksi sipil MRT bawah tanah dikerjakan terlebih dahulu pada bulan Oktober 2013 yang akan datang, karena waktu pembangunan lebih lama dibandingkan dengan konstruksi layang. Megaproyek ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 125 miliar yen atau sekitar Rp 12,5 triliun.




Editor : Caroline Damanik


















Anda sedang membaca artikel tentang

Medio Oktober, Rencana Peletakan Batu Pertama Proyek MRT

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/09/medio-oktober-rencana-peletakan-batu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Medio Oktober, Rencana Peletakan Batu Pertama Proyek MRT

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Medio Oktober, Rencana Peletakan Batu Pertama Proyek MRT

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger