Saat "Blusukan" Jokowi Dipertanyakan LSM

Written By RajaBlog on Tuesday, February 5, 2013 | 3:52 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017 berlangsung, seorang anggota LSM mempertanyakan terkait kegiatan blusukannya ke kampung-kampung.


"Jangan sampai Pak Jokowi blusukan tapi enggak terarah. Enggak hanya sekadar turun ke masyarakat, yang penting bapak harus mendapat kepercayaan masyarakat terlebih dahulu," kata Luqman, anggota Serikat Rakyat Miskin (SRM),  di Balaikota Jakarta, Selasa (5/2/2013).


Mendengar itu, Jokowi langsung menegaskan kalau kegiatan blusukannya itu sangat terarah. Sebelum ia blusukan, ia pun telah mengetahui permasalahan apa yang akan diselesaikan di tempat tujuan blusukan itu.


"Saya itu kalau datang ke mana, gang mana, titik mana, data sudah masuk komplet semuanya masuk ke saya. Intelijen saya komplet, dan pastinya blusukan saya terarah," jawab Jokowi.


Jokowi berjanji akan melakukan blusukan selama dia menjabat. Menurutnya, setiap Gubernur memiliki gaya tersendiri dan gaya Jokowi adalah gaya blusukan.


"Setiap hari, setiap saat, itu pasti ada aspirasi dari rakyat dari bawah, ada kebutuhan dari bawah yang kalau kita hanya duduk di kantor enggak akan ketangkep seperti itu," kata Jokowi.


Turun ke lapangan itu pun, menurut Jokowi, bukan berarti hanya untuk turun ke masyarakat dan melihat perkampungan kumuh. Namun, juga akan mengontrol lapangan, mengontrol proyek, dan mengontrol program.


Selain ke kampung-kampung, ia juga mengontrol rumah sakit, puskesmas, dan juga kelurahan. "Kita lihat apakah pelayanannya sudah baik atau belum. Ini semua kan bentuk sebuah manajemen. Kalau manajemen perencanaan tanpa manajemen kontrol ke bawah tidak baik, ya enggak akan bisa terwujud," ujar Jokowi.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

Saat "Blusukan" Jokowi Dipertanyakan LSM

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/02/saat-jokowi-dipertanyakan-lsm.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Saat "Blusukan" Jokowi Dipertanyakan LSM

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Saat "Blusukan" Jokowi Dipertanyakan LSM

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger