Pagelaran Agung Keraton Resmi Dibuka

Written By RajaBlog on Thursday, December 5, 2013 | 3:55 PM


Jakarta - Pagelaran Agung Keraton (World Royal Heritage) diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Dengan memukul gong lebih dari tiga kali, pagelaran berupa pameran dan festival tersebut pun dimulai.


Acara pagelaran itu akan dimulai tanggal 5-8 Desember 2013 dan dipusatkan di Monas. Berbagai jenis rangkaian acara seperti pameran kereta kencana, festival budaya, hingga kirab budaya akan dihadirkan hingga akhir acara.


"Kekayaan kita ini besar, ada 148 keraton nusantara yang ikut dan 11 negara yang terlibat," kata Jokowi usai meresmikan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (5/12).


Ia menyebutkan, acara tersebut juga akan berlangsung setiap dua tahun sekali dengan tema yang berbeda-beda. Sebab, setiap keraton memiliki adat istiadat yang berbeda, terlebih di Indonesia sangat penuh budaya.


"Tidak ada negara manapun yang sekaya kita budayanya, apalagi budaya keraton. Itu yang mau kita tunjukan," katanya.


Selain gelaran acara ini untuk membangun identitas dan karakter kota, Jokowi juga menyebutkan acara tersebut untuk mempertahankan budaya yang ada di Indonesia dan diwadahi Jakarta sebagai tuan rumah.


"Saat ini kita terlalu sibuk dengan urusan ekonomi dan melupakan budaya. Padahal budaya sangat diperlukan, sehingga kalau ada sesuatu yang kurang bisa disambungkan," pungkasnya.


Ia menyebutkan, paling terpenting adalah adat dan kekayaan keraton yang sudah ada jangan sampai hilang tergerus modernisasi. Sebab, budaya di negeri ini sangat kaya dan tidak bisa dibandingkan dengan negara lain.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pagelaran Agung Keraton Resmi Dibuka

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/12/pagelaran-agung-keraton-resmi-dibuka.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pagelaran Agung Keraton Resmi Dibuka

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pagelaran Agung Keraton Resmi Dibuka

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger