Trowulan Dinyatakan sebagai Situs yang Terancam Hancur

Written By RajaBlog on Thursday, October 10, 2013 | 3:55 PM


Jakarta - Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI/Indonesian Heritage Trust) upayakan pelestarian Trowulan yang merupakan situs kota yang dahulu merupakan pusat kerajaan Majapahit sebagaimana tercantum dalam kakawin Nagarakretagama. Sejak tercatat dalam karya Thomas Stamford Raffles, "The History of Java", yang diterbitkan pada tahun 1817, Trowulan mulai mendapat perhatian yang cukup luas.


"Sejak dilaksanakannya 'Temu Pusaka Indonesia 2012', BPPI secara konsisten melakukan upaya pelestarian di kawasan yang merupakan ibukota kerajaan Majapahit ini," kata Ketua Dewan Pimpinan BPPI, Luluk Sumiarso, dalam keterangan tertulisnya Kamis (10/10).


Dijelaskan, jika melihat kawasan pusaka itu, saat ini sulit rasanya percaya akan kebesaran kerajaan tersebut. Karena kini kondisinya nyaris tak berbekas, kerusakan dan pengrusakan terus terjadi di situ sampai hari ini. Bahkan, kini tengah dirancang pendirian pabrik baja, persis di kawasan situs Majapahit yang berada di Jalan Raya Mojokerto-Jombang itu.


Jejaring di antara pemangku pelestarian pusaka saat ini mendorong upaya penolakan pendirian pabrik baja di kawasan tersebut. Selain aksi–aksi kultural yang dilakukan warga setempat, BPPI dan Jaringan Pelestarian Majapahit menginisiasi pembuatan petisi online di Change.org untuk menggalang dukungan masyarakat di seluruh dunia.


Wakil Ketua Dewan Pimpinan BPPI sekaligus Direktur Eksekutif Yayasan Arsari Djojohadikusumo Catrini P Kubontubuh menambahkan, sebagai tindak lanjut, saat ini BPPI terus mendampingi mitra–mitra pelestari di Trowulan untuk menyelenggarakan puncak peringatan Hari Pusaka Dunia (World Heritage Day) 2013 di lokasi tersebut.


"Kegiatan ini menunjukkan upaya bersama untuk mendorong sinergi para pemangku kepentingan dalam upaya penetapan Trowulan sebagai Kawasan Cagar Budaya sesuai Undang–Undang Cagar Budaya XI/2010," ucap Catrini P Kubontubuh yang aktif mendukung kegiatan pelestarian di Trowulan.


Setelah BPPI mempresentasikan kawasan pusaka Trowulan dalam the "15th International Conference of National Trusts" di Uganda-Afrika Timur, hingga kini telah terkumpul hampir 10.000 dukungan pelestarian dalam bentuk tandatangan.


Setelah melalui proses seleksi yang ketat dari 248 nominasi dan lebih dari 130 negara, Trowulan dinyatakan oleh World Monuments Fund (WMF) sebagai World Endangered Site atau situs pusaka yang terancam kehancurannya. Dengan demikian perhatian khalayak internasional dalam bentuk advokasi pelestarian pusaka akan diberikan kepada Trowulan.


Sejak diluncurkan tahun 1996, program World Monuments Watch telah membantu sebanyak 740 situs pusaka di 133 negara dan lima benua untuk mewujudkan perubahan positif dalam menghadapi ancaman pengrusakan yang ada. Dengan dimasukkannya situs Trowulan ke dalam program tersebut, tentu menjadi dukungan yang luar biasa bagi seluruh pegiat pelestarian pusaka dalam menyelamatkan Trowulan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Trowulan Dinyatakan sebagai Situs yang Terancam Hancur

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/10/trowulan-dinyatakan-sebagai-situs-yang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Trowulan Dinyatakan sebagai Situs yang Terancam Hancur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Trowulan Dinyatakan sebagai Situs yang Terancam Hancur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger