Lagi, Puluhan Topeng Monyet Disita di Jaktim

Written By RajaBlog on Tuesday, October 29, 2013 | 3:52 PM






JAKARTA, KOMPAS.com -
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Timur melakukan razia terhadap topeng monyet berserta pawangnya di kawasan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (29/10/2013). Sebanyak 31 topeng monyet terjaring razia.


Sebelumnya, tujuh ekor monyet diserahkan secara sukarela oleh pawangnya. Dari kegiatan razia tersebut, para pawang akan menjalani pembinaan di Panti Dinas Sosial, Cipayung, Jakarta Timur.


Walikota Jakarta Timur HR Krisdianto mengatakan, para pawang yang memiliki topeng monyet tersebut akan diberi kerohiman dengan jumlah total Rp 2.000.000. Nilai itu terdiri dari Rp 1.000.000 untuk sang pawang dan Rp 1.000.000 untuk ganti rugi peliharannya.


"Pemiliknya kita berikan uang kerohiman satu juta dan pengganti monyet satu juga sehingga totalnya dua juta," kata Krisdianto, kepada wartawan, Selasa (29/10/2013).


Sementara untuk binatang primata tersebut, pihaknya akan menyerahkan ke kantor Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sedangkan pawangnya, dibawa oleh petugas ke Panti Sosial Ceger, Cipayung.


"Untuk monyetnya kita masukkan ke BKHI, sedangkan pengamennya dimasukkan ke Panti Sosial Ceger," ujar Krisdiyanto.


Menurut Krisdiyanto, pihaknya akan terus melakukan razia topeng monyet hingga Jakarta Timur dapat bersih dari topeng monyet. Hal ini dilakukan sesuai dengan program Pemprov DKI Jakarta, agar bebas dari topeng monyet pada 2014.


Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur  Sabdo Kurnianto mengatakan, tercatat pihaknya sudah mengamankan total 52 topeng monyet di kawasan Jakarta Timur.


"Kami juga menghimbau pada pengamen topeng monyet ini untuk segera alih profesi, agar tidak terjaring razia petugas," ujar Sabdo.


Sabdo mengatakan, agar tidak terjadi kekeliruan, dan juga pemanfaatan pemberian uang kerohiman, maka sejumlah topeng monyet yang dirazia dan diamankan akan dilakukan. "Tes topeng monyet ini untuk memastikan apakah itu topeng monyet atau bukan dan mencegah agar tak ada mobilisasi monyet liar karena adanya magnet pemberian kerohiman Rp 1 juta dari Pemprov DKI," ujar Sabdo.





Editor : Eko Hendrawan Sofyan


















Anda sedang membaca artikel tentang

Lagi, Puluhan Topeng Monyet Disita di Jaktim

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/10/lagi-puluhan-topeng-monyet-disita-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lagi, Puluhan Topeng Monyet Disita di Jaktim

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lagi, Puluhan Topeng Monyet Disita di Jaktim

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger