AFI 2013 Siap Digelar

Written By RajaBlog on Thursday, October 17, 2013 | 3:55 PM


Jakarta - Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2013 untuk kali kedua siap digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Penghargaan bagi setiap karya film dan setiap aspeknya ini akan diadakan pada 4 November 2013. Nantinya penilaian pemenang di ajang ini akan dinilai berdasarkan aspek nilai-nilai budaya, kearifan lokal, dan pembangunan karakter bangsa.


"Industri film kita berkembang seiring meningkatnya tuntutan terhadap kualitas dan kuantitas. Kemendikbud jelas mendorong film-film serupa ini, terutama yang berkarakter Indonesia. Sehingga ke depannya, film tidak hanya menjadi tontonan, tapi juga tuntunan," ucap Kacung Marijan, Direktur Jenderal Kebudayaan, saat acara Konferensi Pers AFI 2013 di Jakarta, Kamis(17/10).


Kemendikbud bekerjasama dengan tim ahli yang terdiri dari paktisi pendidikan, kebudayaan, perfilman, dan komunikasi akhirnya mengusung 18 kategori penghargaan. Bahkan sebagian besar dari kategori penghargaan tersebut merupakan kategori yang belum pernah ada dalam di ajang festival film mana pun, diantaranya adalah Apresiasi Festival Film, Apresiasi Komunitas, dan Apresiasi Film Independen untuk pelajar dan mahasiswa.


"Dari 18 kategori tersebut terdapat 7 kategori utama, yang keseluruhannya akan menilai film sebagai karya yang utuh," ujar Ichwan Persada, Ketua Tim Ahli AFI 2013, di acara yang sama.


Pada ketujuh kategori tersebut dewan juri AFI 2013 tidak melakukan penilaian terhadap komponen-komponen yang bersifat teknis, seperti pemeran, penyutradaraan, penyuntingan, dan sebagainya. Sebaliknya, film dinilai sebagai karya budaya yang berkualitas, digarap dengan baik, dan memiliki pesan positif yang dapat menginspirasi masyarakat.


Dewan Juri untuk ajang yang akan mengabiskan dana sebesar Rp 4,4 miliar ini akan diketuai Toto Indrarto dengan beranggotakan Mathias Muchus, Erwin Arnada, Nirwan Dewanto, Jajang C. Noer, Dana Riza, Linda Christanty, Hafiz Rancajale, dan terakhir Wahyu Aditya.


"Kita ingin orang melihat AFI ini secara utuh, bukan cuma dari segi penghargaan atau kompetisinya," jelas Totot.


Anda sedang membaca artikel tentang

AFI 2013 Siap Digelar

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/10/afi-2013-siap-digelar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

AFI 2013 Siap Digelar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

AFI 2013 Siap Digelar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger