Terminal Bak Hotel, Warga Beralih ke Angkutan Umum

Written By RajaBlog on Wednesday, September 11, 2013 | 3:53 PM






JAKARTA, KOMPAS.com -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan program Pemprov DKI merevitalisasi terminal Ibu Kota untuk mengubah pandangan negatif masyarakat.


Menurut dia, dengan adanya program tersebut, akan semakin banyak masyarakat yang berminat untuk menggunakan transportasi massal.


"Prinsipnya Pak Gubernur itu terminal kalau bersih, bagus, dan aman, orang menjadi suka naik kendaraan umum," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Rabu (11/9/2013).


Tak cuma masyarakat yang diuntung dengan fasilitas itu, pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di sana juga akan lebih untung. Pendapatan mereka akan meningkat tiap harinya, karena pengunjung terminal yang semakin banyak.


Kendati demikian, Basuki menjelaskan, Pemprov DKI juga memberikan tanggung jawab kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak menjual lapaknya kepada pihak lain. "Kita kasih tanggung jawab dagangnya seperti apa, kalau dia mewariskan ke anak menantunya boleh saja, tapi kalau dijual ke orang lain, akan kita sita," tegas Basuki.


Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengungkapkan, revitalisasi 18 terminal bus DKI tersebut telah memasuki tahap awal, yaitu DED (Detail Engineering Design).


Rencananya, tahap lelang konstruksi akan dilaksanakan awal tahun 2014 mendatang dan diperkirakan akan rampung dua tahun lagi, yakni 2016 mendatang. Arsitektur revitalisasi terminal akan disamaratakan.


Ke-18 terminal itu akan dibangun menggunakan nuansa arsitektur campuran, yakni kolonial di bagian eksterior, khas Betawi dan modern pada interiornya. Terdapat tiga konsep revitalisasi 18 terminal itu. Pertama, mezanine concept, yakni pergerakan penumpang dengan angkutan berada di lantai terpisah dan tak ada crossing dengan angkutan.


Kedua, pedestrian crossing concept, yakni pergerakan penumpang dengan angkutan ada di satu lantai, dan ada crossing dengan angkutan. Ketiga, combination concept, yakni kombinasi terminal di antara dua konsep yang sebelumnya.


Adapun total anggaran revitalisasi 18 terminal berjumlah Rp 1,7 triliun. Ada juga beberapa proyek revitalisasi terminal yang menggunakan anggaran tahun jamak (multiyears). Dari 18 terminal yang direvitalisasi, hanya 15 terminal yang menggunakan APBD sedangkan 3 lainnya, yakni Cililitan, Blok M, dan Lebak Bulus bekerja sama dengan pihak swasta.


Berikut 18 terminal yang akan direvitalisasi: 1. Terminal Pulogadung, 2. Terminal Rawamangun, 3. Terminal Kampung Rambutan, 4. Terminal Cililitan, 5. Terminal Kampung Melayu, 6. Terminal Pinang Ranti, 7. Terminal Klender, 8. Terminal Senen, 9. Terminal Kota Jakarta, 10. Terminal Ragunan, 11. Terminal Pasar Minggu, 12. Terminal Lebak Bulus, 13. Terminal Kalideres, 14. Terminal Tanjung Priok, 15. Terminal Muara Angke, 16. Terminal Grogol, 17. Terminal Blok M, 18. Terminal Manggarai.





Editor : Eko Hendrawan Sofyan
















Anda sedang membaca artikel tentang

Terminal Bak Hotel, Warga Beralih ke Angkutan Umum

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/09/terminal-bak-hotel-warga-beralih-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Terminal Bak Hotel, Warga Beralih ke Angkutan Umum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Terminal Bak Hotel, Warga Beralih ke Angkutan Umum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger