ASEAN Dorong Standarisasi Produk Listrik dan Elektronik

Written By RajaBlog on Tuesday, November 20, 2012 | 3:55 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia menyatakan komitmennya terhadap pembentukan pasar tunggal ASEAN dengan menghapus hambatan perdagangan untuk produk peralatan listrik dan elektronik.




ASEAN sebagai kesatuan ekonomi memiliki peran penting dalam membentuk prestasi yang berkembang di Asia, sementara kekuatan ekonomi tradisional, seperti Amerika dan Eropa melambat.


-- Bayu Krishnamurti




Demikian diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi pada pembukaan Sidang ke-14 Joint Sectoral Committee on Electrical and Electronic Equipment (JSC EEE) yang diselenggarakan hari ini, Selasa (20/11/2012) di Yogyakarta, seperti tertuang dalam siaran pers.


Komitmen Pemerintah Indonesia ditunjukkan melalui terbitnya Peraturan Presiden No. 79 tentang Ratifikasi Perjanjian ASEAN Harmonised Electrical and Electronic Equipment Regulatory Regime(AHEEERR) pada Desember 2010. Langkah yang sama juga diikuti oleh negara anggota ASEAN dan digenapi Thailand pada 16 Oktober 2012.


Kemajuan dalam harmonisasi standar dan penilaian kesesuaian produk peralatan listrik dan elektronik di kawasan ini diharapkan menjadi sebuah pencapaian tersendiri bagi negara-negara anggota ASEAN dalam meningkatkan arus perdagangan intra-ASEAN menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.


Wamendag menjelaskan bahwa telah terjadi pergeseran mendasar dari kekuatan lama di kawasan Barat ke negara-negara Asia, diantaranya ASEAN. Pertumbuhan ekonomi dunia telah banyak didukung oleh pertumbuhan di Asia, terutama China dan India.


"ASEAN sebagai kesatuan ekonomi memiliki peran penting dalam membentuk prestasi yang berkembang di Asia, sementara kekuatan ekonomi tradisional, seperti Amerika dan Eropa melambat," ujarnya.


Berdasarkan data ASEAN Community in Figures (ACIF) 2012, estimasi Produk Domestik Bruto (PDB) dunia tahun 2011 mencapai 70,16 triliun dollar AS, sementara Uni Eropa dan Amerika Serikat masing-masing mencapai 17,45 triliun dollar AS dan 15,23 triliun dollar AS. Sedangkan total PDB ASEAN sudah mencapai 2,1 triliun dollar AS dengan sumbangan k ontribusi Indonesia sekitar 846 miliar dollar AS (40,94 perse ).


Sidang JSC EEE ke-14 ini dihadiri 57 delegasi dari seluruh negara Anggota ASEAN, kecuali Myanmar dan Kamboja, serta perw akilan Sekretariat ASEAN dan International Electrotechnical Commission (IEC). 














Anda sedang membaca artikel tentang

ASEAN Dorong Standarisasi Produk Listrik dan Elektronik

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2012/11/asean-dorong-standarisasi-produk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

ASEAN Dorong Standarisasi Produk Listrik dan Elektronik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

ASEAN Dorong Standarisasi Produk Listrik dan Elektronik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger