Warga Kampung Pulo Keberatan Pindah ke Rusun

Written By RajaBlog on Monday, October 22, 2012 | 3:52 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi daerah langganan banjir tidak membuat warga Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, tergiur untuk pindah. Jika ditanya, hampir seluruh warga setempat menolak untuk pindah dari kampung yang kerap disebut kampung banjir tersebut.

"Kurang setuju saja. Kurang cocok lah kalo ke rumah susun, enggak nyaman aja kayaknya," ujar Mut (49), warga RT 03 RW 03, Kampung Pulo, Senin (22/10/2012).

Menurut wanita yang telah tinggal di Kampung Pulo semur hidupnya itu, beragam bayangan ketidaknyamanan menghantui benaknya jika ia beserta keluarga tinggal di rumah susun. Mulai mengubah pola kehidupan, bahaya kebakaran, kebocoran instalasi saluran air dan sebagainya.

Hal senada diungkapkan Dewi (27). Menurut ibu tiga anak itu, ia sebenarnya sudah tak tahan dengan banjir yang terus-terusan melanda kampung kelahirannya. Namun, dengan tegas ia menolak untuk direlokasi ke rumah susun, sesuai dengan program gubernur-wakil gubernur DKI terpilih.

"Kita kan punya anak kecil, ribet. Kalau kita dapat yang bawah, nah kalau kita dapat yang atas. Mending tinggal di sini ajalah," ujarnya.

Bagi warga lain, Nurdi (52), pada dasarnya, ia mengikuti saja apa program dari pemerintah. Hanya saja, warga RT 04 RW 03, Kampung Pulo, yang berkediaman persis di punggir Kali Ciliwung tersebut ragu bisa beraktivitas dengan nyaman seandainya pindah ke rumah susun.

"Saya kan jahit tiap hari, langganan sudah banyak. Belum terbayang aja kalau pindah ke rumah susun. Tapi asal ada perubahan sajalah," ujarnya.

Jadi, apa langkah ibu atau bapak agar terhindar dari musibah banjir yang terjadi tiap tahun? Hampir semuanya kompak menjawab, "pasrah dan memilih bertahan di lantai dua rumah."

Hingga kapan? Semuanya pun tak tahu pasti.







Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Kampung Pulo Keberatan Pindah ke Rusun

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2012/10/warga-kampung-pulo-keberatan-pindah-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Kampung Pulo Keberatan Pindah ke Rusun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Kampung Pulo Keberatan Pindah ke Rusun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger