MICE Bersinar, Permintaan Sarana Juga Meningkat

Written By RajaBlog on Tuesday, October 23, 2012 | 3:55 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan, permintaan dalam negeri meningkat terhadap sarana dan prasarana di daerah tujuan wisata. Hal ini salah satunya disebabkan oleh tren peningkatan meeting, incentive, conference, and exhibition atau MICE. Hal itu disampaikan Menparekraf dalam jumpa pers Indonesia Tourism Investment Day (ITID) 2012 di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin (22/10/2012).


Menurut Menparekraf, peningkatan permintaan sarana tersebut diantaranya terhadap fasilitas tempat tinggal, tempat makan, air bersih, dan listrik. Terutama di beberapa tempat wisata yang masih sulit terjangkau dengan infrastruktur tersebut.


Selain itu, lanjut Mari, peningkatan permintaan juga terjadi pada hal-hal yang terkait dengan gaya hidup disebabkan oleh naiknya jumlah kelas menengah pada masyarakat. Hal ini mulai terlihat dengan banyaknya bermunculan taman hiburan di beberapa daerah seperti Jawa Timur yang memiliki Jatim Park.


Dalam ITID 2012, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng para penanam modal, asing maupun lokal serta pemerintah daerah untuk berinvestasi dan bersama-sama membangun daerah tujuan wisata.


"Hingga triwulan ketiga 2012 Penanaman Modal Asing di sektor pariwisata mencapai Rp 6,9 triliun atau naik 3 kali lipat pada triwulan yang sama 2011 dengan nilai Rp 2,4 triliun," kata Chatib Basri, Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).


Chatib menyebutkan, Penanaman Modal Dalam Negeri untuk waktu yang sama tahun 2012 nilainya mencapai Rp 860 miliar dibanding tahun lalu senilai Rp 394,2 miliar.


Sementara Menparekraf memaparkan pembangunan daerah wisata akan difokuskan pada 16 wilayah. Ke-16 wilayah tersebut merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang menjadi prioritas pembagunan wisata 3-5 tahun mendatang.


"Kawasan Strategis Pariwisata Nasional itu tersebar dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua," katanya.


Proyek pembangunan daerah wisata juga meliputi pembangunan bandar udara dan jalan tol. Dalam kegiatan ITID 2012 beberapa investor asing melirik pembangunan bandara di tiga lokasi yakni Majalengka (Jawa Barat), Panimbang (Banten), serta Bali Utara.


Menparekraf menambahkan investasi di bidang pariwisata sangat potensial dikembangkan beberapa tahun ke depan. "Ini investasi yang buat orang bahagia, untuk meningkatkan kualitas hidup," kata Mari.












Anda sedang membaca artikel tentang

MICE Bersinar, Permintaan Sarana Juga Meningkat

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2012/10/mice-bersinar-permintaan-sarana-juga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MICE Bersinar, Permintaan Sarana Juga Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MICE Bersinar, Permintaan Sarana Juga Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger