Pekan Ini, KPK Periksa Hakim MK Maria Farida Indrati

Written By RajaBlog on Monday, October 14, 2013 | 3:39 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan hakim konstitusi Maria Farida Indrati pada pekan ini. Maria akan diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan kasus dugaan suap sengketa pemilihan kepala daerah Lebak dan Gunung Mas yang menjerat Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif, Akil Mochtar.

“Benar, hakim Maria dipanggil pekan ini,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi melalui pesan singkat, Senin (14/10/2013).

Namun, Johan belum mengetahui kapan persisnya Maria akan diperiksa. Dia mengatakan, KPK telah mengirimkan surat panggilan pemeriksaan kepada Maria. Menurut Johan, Maria akan diperiksa sebagai saksi bagi Akil.

KPK menjadwalkan pemeriksaan Maria karena hakim konstitusi ini dianggap dapat memberikan informasi terkait kasus dugaan penerimaan suap terkait sengketa pilkada Lebak dan Gunung Mas yang menjerat Akil. Maria bersama dengan hakim konstitusi Anwar Usman, dan Akil Mochtar diketahui menangani perkara pilkada di dua daerah tersebut. Diduga, ada praktek suap menyuap terkait penanganan sengketa pilkada di dua daerah ini.

Untuk kasus Lebak, Akil diduga bersama-sama pengacara Susi Tur Andayani menerima suap dari pengusaha Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang merupakan adik dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Baik Susi maupun Wawan, ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Sementara, dalam kasus Gunung Mas, Akil diduga bersama-sama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Chairun Nisa menerima suap dari pengusaha Cornelis Nalau dan calon Bupati Hambit Bintih. KPK juga menetapkan Chairun Nisa, Cornelis, dan Hambit sebagai tersangka. Adapun barang bukti suap dalam kasus ini berupa uang Rp 1 miliar terkait pilkada Lebak, dan Rp 3 miliar terkait pilkada Gunung Mas.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


















Anda sedang membaca artikel tentang

Pekan Ini, KPK Periksa Hakim MK Maria Farida Indrati

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/10/pekan-ini-kpk-periksa-hakim-mk-maria.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pekan Ini, KPK Periksa Hakim MK Maria Farida Indrati

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pekan Ini, KPK Periksa Hakim MK Maria Farida Indrati

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger