Disparbud DKI Gelar Festival Keroncong Jakarta

Written By RajaBlog on Tuesday, August 20, 2013 | 3:56 PM


Jakarta - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI menggelar Festival Keroncong Jakarta. Kegiatan ini selama dua hari yakni 20-21 Agustus. Puncak acara sekaligus pengumuman pemenang akan digelar di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 24 Agustus mendatang.


Kepala Bidang Pengelolaan dan Daya Tarik Destinasi Disparbud DKI Jakarta Ida Zubaedah mengatakan untuk melestarikan kesenian keroncong sebagai budaya Jakarta, maka digelarlah Festival Keroncong Jakarta. Sebab, peminat keroncong di Jakarta saat ini kian terkikis.


"Kami mengadakan festival ini sebagai salah satu langkah untuk terus melestarikan keroncong di Jakarta. Musik keroncong harus terus dilestarikan agar tidak punah," kata Ida, di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta Selatan, Selasa (20/8).


Festival Keroncong Jakarta baru pertama kali diadakan dan diharapkan bisa menjadi agenda tahunan kegiatan budaya di Jakarta. Namun, meski baru pertama kali diadakan, cukup banyak peserta dari berbagai usia yang mendaftar. Ada sebanyak 85 perserta dan 12 grup yang mengikuti kegiatan tersebut. Total hadiah yang diperbutkan mencapai Rp 60 juta.


Ida mengharapkan semua grup keroncong yang ada di Jakarta mengikuti festival ini. Sebab, Festival ini juga bisa mengembangkan musik keroncong di Jakarta, karena saat puncak acara nantinya akan digabung dengan orkestra oleh Jakarta Philharmonic Orchertra.


Ketua Badan Koordinasi Organisasi Musik Keroncong Sumaryo mengatakan tercatat ada 59 grup keroncong di Jakarta. Namun yang masih terus berkarya hanya sekitar 9-10 grup saja. Selebihnya, tidak berkembang sama sekali. Biasanya grup yang tidak berkembang dikarenakan beberapa musisi telah meninggal dunia dan tidak ada yang meneruskannya.


"Sekarang cuma tinggal 9-10 grup saja yang solid. Untuk menghidupkan seni keroncong ini, kami sedang mengupayakan agar musik keroncong bisa masuk ke sekolah dan menjadi salah satu ekstrakulikuler. Sehingga musik keroncong bisa terus dilestarikan," ujarnya.


Hingga saat ingi, seni keroncong baru masuk di SD Cipete Selatan dan juga SMA Pangudi Luhur (Kapel).


Anda sedang membaca artikel tentang

Disparbud DKI Gelar Festival Keroncong Jakarta

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/08/disparbud-dki-gelar-festival-keroncong.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Disparbud DKI Gelar Festival Keroncong Jakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Disparbud DKI Gelar Festival Keroncong Jakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger