Gelar Konvensi, Bagaimana Jika Hasil Pileg Demokrat Rendah?

Written By RajaBlog on Monday, July 8, 2013 | 3:39 PM





JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat membuka ruang kepada tokoh internal maupun eksternal untuk maju dalam konvensi pemilihan calon presiden 2014. Meski Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menjelaskan terkait konvensi, namun masih ada sejumlah pertanyaan, salah satunya bagaimana jika suara Demokrat di pemilu legislatif 2014 tidak mampu mengusung capres sendiri?


Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, sampai saat ini pihaknya tidak berpikir ke arah itu. "Itu lain cerita. Sampai sekarang belum terpikirkan kalau Demokrat suaranya rendah. Kita tidak pernah mikir ke sana," kata Syarief di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (8/7/2013).


Sebelumnya, sejumlah tokoh, salah satunya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mempertanyakan bagaimana jika suara Demokrat di Pileg 2014 rendah. Apakah tokoh yang terpilih dapat diusung parpol lain?


Syarief mengatakan, proses seleksi akan dilakukan oleh Komite Konvensi. Nantinya Komite Konvensi mayoritas diisi tokoh independen. Diperkirakan anggota Komite Konvensi berjumlah tujuh orang atau sama seperti nomor urut Demokrat sebagai peserta pemilu.


Syarief menambahkan, pihaknya memperkirakan ada belasan calon yang mengikuti Konvensi dari tahap awal. Namun, tetap tergantung potensi dari mereka yang mendaftar. Pendaftaran akan dimulai akhir Juli 2014 .


Proses eliminasi akan dilakukan setelah melihat hasil survei. Survei pertama, kata Syarief, akan dilakukan bulan Desember 2014. "Tokoh yang elektabilitasnya rendah akan dicoret. Survei ke dua akan dilakukan Maret 2014  Tokoh yang mendapat paling banyak dukungan," kata dia, akan langsung ditetapkan sebagai bakal capres Demokrat.


"Rakyat yang menentukan. Kalau wakil presidennya, nanti," pungkas Menteri Koperasi dan UKM itu.





Editor : Hindra Liauw




















Anda sedang membaca artikel tentang

Gelar Konvensi, Bagaimana Jika Hasil Pileg Demokrat Rendah?

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/07/gelar-konvensi-bagaimana-jika-hasil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gelar Konvensi, Bagaimana Jika Hasil Pileg Demokrat Rendah?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gelar Konvensi, Bagaimana Jika Hasil Pileg Demokrat Rendah?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger