Nadal, Penantang Terberat Djokovic

Written By RajaBlog on Wednesday, May 1, 2013 | 3:01 PM


Musim ini, empat bulan sudah terlewati dan Novak Djokovic masih mantap memimpin klasemen tenis dunia dengan 12.900 poin, unggul 4.230 angka dari Roger Federer di peringkat dua. Dengan koleksi poin tersebut, duta Serbia ini berpotensi menutup musim sebagai petenis nomor satu dunia, selama tiga tahun berturut-turut.

Siapa pesaing terberat yang bisa menjegal Djokovic? Pilihannya pasti masih berkisar antara Federer, Andy Murray, dan Rafael Nadal. Meski David Ferrer saat ini berada di peringkat empat dunia, peluangnya untuk mengejar Djokovic tidaklah besar.

Beberapa pengamat tenis menyebut Nadal sebagai calon terkuat yang bisa menggoyang Djokovic di posisi puncak. Meski terpisah 6.915 poin, petenis nomor lima dunia tersebut tetap punya kesempatan besar untuk mengejar.

Pria kelahiran Mallorca, Spanyol ini sudah meraih empat gelar dari enam kali ikut turnamen, sejak Februari lalu. Sebelumnya dia harus absen berkompetisi sekitar tujuh bulan karena cedera lutut. Nadal juga melewatkan Australia Terbuka, Januari lalu.

Bulan ini, pemegang 11 gelar grand slam tersebut berpeluang menambah gelar. Pekan depan ada Madrid Masters dilanjutkan dengan Roma Masters. Puncaknya, ada Prancis Terbuka pada akhir bulan. Tiga turnamen ini berlangsung di lapangan tanah liat, spesialisasi Nadal, pemegang tujuh titel juara di Roland Garros.

Tahun lalu, Nadal secara mengejutkan tersingkir di babak ketiga Madrid Masters,kalah dari sesama Spanyol, Fernando Verdasco. Tahun ini, dia punya peluang besar untuk meraih gelar ketiga di turnamen master 1000 tersebut. Sementara itu di Roma dan Prancis, Nadal harus mempertahankan 3000 poin, karena tahun lalu dia menjadi juara di dua turnamen tersebut.

“Saya senang dengan cara yang dia pilih. Dia tidak terburu-buru untuk kembali bermain sampai mendekati 100 persen, dan hasil yang diraih membuktikan kalau dia membuat keputusan yang tepat,” komentara Brad Gilbert, mantan petenis nomor empat dunia dan pelatih Andre Agassi, tentang Nadal, yang disampaikan pada ATPWorldtour.com.

Sementara bagi Federer, mengejar Djokovic merupakan pekerjaan yang luar biasa sulit. Meski berada tepat di bawah Djokovic, petenis Swiss tersebut belum sekali pun meraih gelar juara tahun ini. Ayah dua putri ini bahkan belum berhasil menembus final dari empat kali ikut turnamen.

Jika mampu mempertahankan posisinya hingga akhir tahun, Djokovic akan jadi petenis keenam yang berhasil menjadi nomor satu dunia minimal dalam tiga tahun berturut-turut sejak 1973, atau yang pertama sejak Federer melakukannya selama empat tahun berurutan (2004-2007).

Empat petenis lain yang berhasil bertahan sebagai nomor satu selama tiga tahun berturut-turut atau lebih adalah Pete Sampras (enam tahun), Jimmy Connors (lima), John McEnroe (empat), dan Ivan Lendl (tiga).







Editor :


PIPIT PUSPITA RINI









Anda sedang membaca artikel tentang

Nadal, Penantang Terberat Djokovic

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/05/nadal-penantang-terberat-djokovic.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nadal, Penantang Terberat Djokovic

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nadal, Penantang Terberat Djokovic

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger