Panggil Anggota DPR, BPK Diprotes

Written By RajaBlog on Tuesday, April 2, 2013 | 3:39 PM





Panggil Anggota DPR, BPK Diprotes





Penulis : Sandro Gatra | Selasa, 2 April 2013 | 15:20 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang memanggil anggota Dewan Perwakilan Rakyat dalam pemeriksaan suatu penyimpangan penggunaan anggaran negara diprotes. Pimpinan DPR diminta membicarakan dengan pimpinan BPK terkait langkah BPK itu.


"Sejauh mana kewenangan BPK? BPK sudah memanggil anggota-anggota DPR, tanda petik diperiksa seperti di KPK untuk mendalami masalah. Apakah seperti ini? Saya mohon pimpinan DPR dibicarakan dengan pimpinan BPK," kata anggota Komisi I DPR Tjahjo Kumolo saat rapat paripurna di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2013).


Interupsi itu dilakukan Tjahjo setelah Ketua BPK Hadi Poernomo menyampaikan laporan hasil pemeriksaan semester II tahun 2012 kepada DPR.


Tjahjo mengatakan, DPR memiliki kewenangan terkait anggaran, legislasi, dan pengawasan. Untuk itu, politisi PDI Perjuangan itu meminta agar BPK menghormati kewenangan DPR.


Wakil Ketua DPR yang memimpin rapat Pramono Anung mengatakan, pimpinan DPR akan membicarakan dengan pimpinan BPK terkait protes Tjahjo. Menurut dia, BPK memang tidak memiliki kewenangan untuk memeriksa anggota DPR.


"Di antara lembaga memang harus saling hormati. Kalau memang ada kepentingan untuk dapat informasi dari anggota DPR, maka sifatnya bukan seperti penyelidikan atau penyidikan. Yang penting, kalau perlu (keterangan anggota DPR) dilakukan di DPR," kata Pramono.


















Anda sedang membaca artikel tentang

Panggil Anggota DPR, BPK Diprotes

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/04/panggil-anggota-dpr-bpk-diprotes.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Panggil Anggota DPR, BPK Diprotes

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Panggil Anggota DPR, BPK Diprotes

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger