LSI: SBY Sebaiknya Serahkan Kembali Peran Anas

Written By RajaBlog on Sunday, February 17, 2013 | 3:39 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI Network) menunjukkan, masyarakat ragu elektabilitas Partai Demokrat akan membaik setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengambil alih peran Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Hasil survei juga menunjukkan, masyarakat khawatir SBY tidak fokus menjalankan tugasnya sebagai Presiden setelah mengambil alih urusan internal partainya tersebut.


Merujuk pada hasil survei ini, peneliti LSI Barkah Pattimahu menyarankan agar SBY menyerahkan kembali peran ketua umum PD Anas. "Penyerahan kembali peran Anas akan lebih baik dalam mengembalikan kinerja Partai Demokrat," katanya.


Menurut Barkah, pengembalian wewenang kepada Anas itu perlu dilakukan mengingat Anas masih memiliki kekuatan besar, atau sekitar 80 persen di internal Partai. Oleh karena itu, menurutnya, sedianya SBY menggunakan agenda Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PD yang tengah berlangsung ini sebagai momentum perbaikan.


"Konsolidasi yang tepat dan memberikan ruang kepada Anas. Itu akan memperbaiki Demokrat ke depan," ujar Barkah.


Adapun survei yang dilatar belakangi krisis PD ini dilakukan dengan metode sampling (multistage random sampling) terhadap 1.200 responden di 33 provinsi pada 11-14 Februari 2013. Pertanyaan diajukan kepada responden melalui wawancara tanpa tatap muka, atau dengan menggunakan perangkat komunikasi jarak jauh. "Margin of error kurang lebih 2,9 persen," tambah Barkah.


Menurut hasil survei tersebut, sebanyak 60,38 persen responden mengaku tidak yakin kalau elektabilitas Partai Demokrat akan membaik di bawah komando Yudhoyono. Sementara yang menyatakan yakin hanya 27,31 persen. Sementara yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab jumlahnya 12,31 persen.


"Penyelematan partai ala SBY dinilai tidak mampu mendongkrak elektabilitas Partai Demokrat," katanya.


Selain itu, menurut Barkah, survei ini menunjukkan kalau publik semakin ragu dengan komitmen SBY dalam menjalankan tugas dan tanggunng jawabnya sebagai Presiden. Publik menilai Presiden lebih fokus pada kepentingan partai dibandingkan kepentingan rakyat.












Anda sedang membaca artikel tentang

LSI: SBY Sebaiknya Serahkan Kembali Peran Anas

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2013/02/lsi-sby-sebaiknya-serahkan-kembali.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

LSI: SBY Sebaiknya Serahkan Kembali Peran Anas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

LSI: SBY Sebaiknya Serahkan Kembali Peran Anas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger