IPW: Sepanjang 2012, 93 Tahanan Kabur dari Kantor Polisi

Written By RajaBlog on Monday, December 24, 2012 | 3:39 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Police Watch (IPW) mencatat, sepanjang tahun 2012 ada 93 tahanan yang kabur dari 26 kantor polisi, mulai dari Polsek, Polres, dan Polda, di berbagai wilayah di Tanah Air. Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Ketua Presidium IPW Neta S Pane menilai, kaburnya 93 tahanan dari markas polisi menunjukkan Polri tidak serius dalam mengawasi para pelaku kriminal yang sudah tertangkap.

"Pelarian yang paling mengejutkan adalah kaburnya tahanan teroris, Roki dari Rutan Polda Metro Jaya pada 6 November 2012 siang," kata Neta, Senin (24/12/2012).

Menurut Neta, tahanan polisi yang paling banyak kabur berada di tingkat jajaran polsek. "Ada 14 polsek yang kebobolan hingga 64 tahanannya kabur. Urutan kedua adalah polres. Ada tujuh polres yang kebobolan hingga 12 tahanannya kabur. Posisi ketiga, polda. Ada lima polda yg kebobolan hingga 17 tahanannya kabur," ujar Neta.

Neta menyatakan, Kepolisian Daerah Sumatera Utara menduduki ranking tertinggi dalam hal tahanan kabur di tahun 2012 ini. Sebanyak tujuh kasus pelarian tahanan terjadi di wilayah hukum Polda Sumut, dengan jumlah tahanan yang kabur sebanyak 37 orang. Para tahanan tersebut menurut Neta kabur dari tiga polsek, dua polres, dan polda. Ranking kedua, lanjut Neta, ditempati Polda Metro Jaya dengan 13 tahanan yang kabur. Untuk di wilayah hukum Polda Sulsel, IPW mencatat ada 10 tahanan yang kabur.

"Sebagian besar tahanan bisa kabur dari sel akibat sikap teledor petugas jaga kepolisian. Bahkan ada tujuh kasus, tahanannya dibiarkan tanpa pengawalanan atau penjagaan hingga tahanan tersebut kabur dengan mudah," kata Neta.

Oleh karena itu, Neta menyatakan, faktor pengawasan dan sistem keamanan sel tahanan, terutama di polsek, perlu mendapat perhatian serius, sehingga pada di tahun 2013 nanti kejadian serupa tidak terulang lagi. Berikut peristiwa tahanan yang kabur berdasarkan data yang dirilis IPW:

6 November 2012
Tahanan teroris Roki Apris Dianto (29) melarikan diri dari Rutan Polda Metro Jaya. Roki diduga kabur dengan menyamar sebagai perempuan bercadar saat jam besuk tahanan. Sebelumnya, Roki dibesuk sejumlah orang bercadar.

29 Oktober 2012
Sebanyak 12 tahanan Polsek Medan Timur, Sumut kabur. Polisi yang mengetahui langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap kembali 2 tahanan. Keduanya terlibat kasus pencurian. Sementara 10 lainnya masih diburu.

20 Oktober 2012
Sebanyak 13 tahanan Polsek Medan Area, Sumut melarikan diri dari sel tahanan. Para tahanan kabur setelah secara bersama-sama menggergaji terali besi ventilasi sel, saat petugas jaga tertidur.

17 Oktober 2012
Petugas Polres Sanggau, Kalbar terpaksa menembak RI (25) tahanan yang kabur. Warga asal Singkawang itu ditenbak di bagian tumit. Sebelum kabur RI sempat berpura-pura sakit. Saat dibawa ke RSUD Sanggau, RI meminta izin ingin buang air. Ketika di toilet itulah, ia kemudian melarikan diri.

7 Oktober 2012

Seorang tahanan kasus penggelapan bernama Rugiyanto alias Gondrong, (37) yang ditahan di Polrestabes Semarang, Jateng kabur dari selnya. Sebelumnya, tersangka keluar sel bersama seorang petugas jaga Briptu Arni sekitar pukul 03.00 WIB tanpa surat resmi. Sejak itu, tersangka tidak kembali ke selnya.

31 September 2012

Seorang tahanan Polsek Donomulyo, Malang, Jatim kabur. Namun, jajaran kepolisian di Kabupaten Malang tidak bersedia menjelaskan identitas tahanan yang kabur tersebut.  

29 September 2012
Tujuh tahanan Polda Babel kabur dari sel tahanan. Lima di antaranya tahanan narkoba. Mereka kabur saat petugas jaga satu-satunya, Bripda Maulana sedang melaksanakan Salat Subuh di Masjid Mapolda. Seorang perwira Polda Babel, Ipda I diduga terlibat dalam kasus pelarian tahanan narkoba tersebut.

24 Agustus 2012
MS alias Riko (15) tahanan Polsek Kotabumi Utara, Lampung Utara kabur, saat hendak diperiksa aparat. Riko kabur melalui jendela di ruang pemeriksaan. -Kamis 9 Agustus 2012 sahur: Tujuh tahanan kabur dari Polsekta Bontola, Makassar, Sulsel. Ketujuh tahanan itu adalah Saharuddin (19), Rifki alias Kiki (17), Rudi (16), Andika (14), Daniel (21), Fadli (16) dan Amri (20). Mereka kabur menjelang sahur dengan menjebol plafon toilet sel. Akibatnya Kapolsekta Bontoala Kompol Dg Mangitung dicopot dari jabatannya

20 Juli 2012

Doni (28), seorang tahanan Polsekta Gerunggang, Pangkalpinang, Babel berhasil kabur karena keteledoran dua anggota polisi. Tahanan spesialis pencurian dengan pemberatan itu kabur saat diperiksa oleh Briptu Endang dan Bripka Nico. Kebetulan, saat itu penyidik kehabisan kertas. Saat penyidik mengambil kertas, Doni lompat lewat jendela dan kabur.

5 Juli 2012
Tiga tahanan Polresta Medan, Sumut berhasil kabur. Para tahanan itu terlibat kasus pembunuhan dan kasus pencurian.

30 Juni 2012
Tahanan Polsek Entikong, Kalbar, Jumardi alias Jum (32) kabur setelah berpura-pura hendak ke toilet. Dua hari kemudian warga Lombok ini tertangkap, saat dalam keadaan kebingungan di pinggir jalan. Dia tidak tau mau kemana karena tidak familiar dengan kota Entikong. Saat ditangkap dia terlihat sudah sangat lemah.

29 Juni 2012
Seorang tahanan Polsek Entikong, Sanggau, Kalbar kabur. Kasusnya bermula dari empat polisi yang akan membawa tahanan dengan sebuah mobil dari polres ke polsek. Tapi mereka tidak langsung ke polsek tapi makan dulu di warung dekat Polres Sanggau. Menjelang makan tahanan tersebut minta ijin buang air kecil. Ternyata, tahanan itu langsung kabur karena saat ke toilet dia tidak dikawal.

18 Juni 2012

Enam tahanan kabur dari sel tahanan Polda Jambi setelah secara diam-diam mengambil kunci sel yang ada di meja petugas jaga. Namun, dalam hitungan jam, empat dari enam tahanan yang kabur, berhasil ditangkap kembali.

17 Juni 2012

Chandra Wijaya alias Taipeng (22) yang menjadi tahanan Dirnarkoba Polda Sumut yang dititipkan di Rumah Tahanan Khusus Narkoba Polda Sumut di Lubuk Pakam berhasil melarikan diri. Kasusnya bermula ketika Brigadir Sandro Manalu dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Sumut meminta tersangka memperbaiki mesin pompa air di belakang rumah tahanan. Tapi tidak dikawal hingga tersangka kabur.

31 Mei 2012
Empat tahanan Polresta Bukittinggi, Sumbar kabur. Keempatnya kabur dengan cara membengkokan terali besi bagian bawah sel. Mereka adalah Sariman (31) terjerat kasus uang palsu, Benny (40) kasus pencurian, Alpen Ardi (28) kasus pencurian, dan Deky A (29) kasus narkoba.

9 Mei 2012
Lima tahan kabur dari Polsek Medan Sunggal, Sumut. Para tahanan itu terlibat kasus uang palsu, pencurian, dan narkoba. Beberapa jam kemudian, 2 dari 5 tahanan itu berhasil ditangkap

30 April 2012

Enam tahanan Mapolsek Ilir Barat II Palembang, Sumsel kabur setelah menggergaji teralis ruang sel tahanan. Penggergajian dilakukan saat petugas piket sedang menjalankan salat Subuh dan hujan lebat.

29 April 2012

Dua tahanan, Muhammad Rian (19) dan Satriawan (21) kabur dari sel tahanan Polsekta Mariso, Makassar, Sulsel. Akibatnya, lima anggota polsekta diperiksa Seksi Propam Polrestabes Makassar.

9 April 2012

Matjuri (46) tersangka yang ditangkap dalam kasus perjudian berusaha kabur dari mobil polisi yang membawanya ke Polres Lamongan, Jatim. Akibatnya, terjerembab ke jalanan. Saat dibawa ke RSUD Sugiri Lamongan tersangka akhirnya tewas.

19 Maret 2012
Dua tahanan, Syaiful Amri alias Cek Pul (39) dan Wahyudi alias Tengku Agam (34), kabur dari sel tahanan Polda Sumut. Kedua warga Aceh Timur itu ditangkap Polres Langkat karena kasus kepemilikan senjata api ilegal. Keduanya kabur dengan cara merusak ventilasi besi setinggi 5 meter di sel nomor empat.

16 Maret 2012
NM alias YM (16), tersangka pencurian kabur dari Polres Timor Tengah Utara, NTT, setelah sebelumnya diajak berhubungan seks oleh polisi yang bertugas piket malam, Bripda Dodi.  

9 Maret 2012
Mujib (30) melarikan diri dari Polsek Kebomas, Gresik, Jatim, setelah berhasil mematahkan borgol yang membelenggu tangannya. Namun tersangka pencurian televisi itu berhasil ditangkap saat berada di atas plafon polsek.

7 Februari 2012

Sebanyak 12 tahanan di Polsek Cempaka Putih, Jakarta Pusat kabur. Para tahanan itu kabur setelah merusak jeruji sel.

31 Januari 2012

Asem alias Paruf, tersangka narkoba kabur dari Asrama Polisi (Aspol) Polres Simalungun, Sumut. Asem kabur saat menerima kunjungan istrinya pada tengah malam. Akibat peristiwa ini Kasat Narkoba Polres Simalungun Nelson langsung dicopot dari jabatannya.

30 Januari 2012
Andi Hasdar alias Asdar (19) membuat kalang kabut aparat Polsekta Ujung, Parepare, Sulsel. Sebab tersangka penikaman ini nekat kabur dari tahanan. Petugas jaga tidak menyangka Asdar akan kabur. Soalnya, saat dilakukan kontrol dia hanya sendiri di sel. Asdar kabur melalui ventilasi ruang tahanan.






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









Anda sedang membaca artikel tentang

IPW: Sepanjang 2012, 93 Tahanan Kabur dari Kantor Polisi

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2012/12/ipw-sepanjang-2012-93-tahanan-kabur.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

IPW: Sepanjang 2012, 93 Tahanan Kabur dari Kantor Polisi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

IPW: Sepanjang 2012, 93 Tahanan Kabur dari Kantor Polisi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger