Jangan Serahkan Tupoksi BP Migas ke Pertamina

Written By RajaBlog on Saturday, November 17, 2012 | 3:55 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Analis Ekonomi, Iksan Modjo berpendapat, fungsi Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) jangan diserahkan kepada Pertamina. Jika diserahkan pada Pertamina, maka BP Migas akan berperan sebagai pemain dan pengawas langsung.

"Saya enggak setuju kalau kewenangan BP Migas ini, dari pemerintah dilempar ke Pertamina. Pemain dan wasit sama. Kan enggak mungkin itu," ujarnya seusai diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (17/11/2012).

Idealnya, dikatakan Ikhsan, BP Migas menjadi sebuah unit baru di bawah Kementrian ESDM. Dengan begitu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) BP Migas dapat diawasi oleh pemerintah. Jika diserahkan ke Pertamina, hal itu sarat kepentingan pihak-pihak tertentu.

"Itu yang paling tepat memang pemerintah, karena diawasi DPR, BPK, KPK, dan lain sebagainya. Nanti sebagai unit baru pengelola BP migas yang dibawahi oleh kementrian ESDM. Jadi pemerintah dibawahi langsung oleh Kementrian ESDM. Jadi unit bukan badan," terangnya.

Untuk diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa BP Migas bertentangan dengan UUD 1945 alias inkonstitusional. BP Migas pun resmi dibubarkan sejak putusan MK atas pengujian UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi pada Selasa (13/11/2012). Menurut Ikhsan, BP Migas pun pantas dibubarkan.

"Ini amar putusan MK, bahwa bumi, air, tanah, dan sumber daya alam lainnya dikuasai oleh negara yang dikelola oleh pemerintah. Jadi yang punya hak pemerintah, yang punya surat kuasa pemerintah. Kalau kemudian mau kuasakan ke Chevron dan sebagainya ke pemerintah, bukan perusahaan," paparnya.












Anda sedang membaca artikel tentang

Jangan Serahkan Tupoksi BP Migas ke Pertamina

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2012/11/jangan-serahkan-tupoksi-bp-migas-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jangan Serahkan Tupoksi BP Migas ke Pertamina

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jangan Serahkan Tupoksi BP Migas ke Pertamina

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger