Ini Kronologi Rusuh di Pinang Ranti

Written By RajaBlog on Monday, November 12, 2012 | 3:52 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Kerusuhan terjadi antara dua kelompok pemuda di Jalan Nirbaya, RT 10 RW 02, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (11/11/2012) malam. Salah satu kelompok yang melakukan aksi pemalakan pada salah satu warga di permukiman tersebut diduga menjadi pemicu kerusuhan menjadi meluas.


Salah seorang tokoh masyarakat setempat berinisial KS, mengungkapkan, kerusuhan itu bermula Minggu petang sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu, mobil Daihatsu Espass milik seorang warga berbeda RT, mogok di Jalan Asem Nirbaya. Dua orang pemuda pun membantu mendorong mobil tersebut agar tidak mengganggu jalan.


"Mereka sebenarnya tamu di kelompok yang ngontrak di RT 10. Mungkin karena dia merasa sudah mendorong, minta duit. Dikasih Rp 20.000, tapi mereka nggak terima. Yang punya mobil ini dipukuli," ujarnya kepada Kompas.com Senin (12/11/2012) dini hari pasca kerusuhan.


Tidak terima diperas dan dipukuli, pemilik mobil tersebut pulang dan mengadukan insiden yang dialaminya ke tetangga lain, yang kebetulan salah satu anggota organisasi masyarakat. Mereka pun datang ke sebuah kontrakan tempat kelompok itu tinggal untuk menanyakan perihal mengapa rekannya itu diperas dan dipukuli.


Bukannya mendapat penjelasan, malah aksi penganiayaan yang terjadi. Mereka yang bermaksud menanyakan insiden sebelumnya lari karena dikejar menggunakan senjata tajam. Dua orang menderita luka akibat peristiwa itu. Satu orang menderita luka memar akibat benturan benda tumpul, seorang warga lainnya atas nama Situmorang dibacok di bagian lengan dan kepala.


"Peristiwa kejar-kejaran itu terjadi jam 19.00 WIB. Orang-orang itu dikejar pakai pedang, golok, kayu, apa saja dikeluarkan. Mulai dari situ lah keadaan memanas. Mereka yang dikejar nggak terima," ujarnya.


KS mengatakan, sesaat setelah kejar-kejaran hingga jatuh korban, situasi wilayah permukiman tersebut sempat kondusif. Ketua RT, Kapolsektro Makasar serta pemuka agama setempat datang untuk menenangkan emosi kelompok warga.


Sekitar pukul 22.00 WIB malam, rupanya emosi warga kian tak terbentung. Dengan menggunakan senjata mulai dari batu, kayu, botol, pedang, celurit, golok dan lainnya, kelompok yang jatuh korban kembali mendatangi rumah tempat tinggal kelompok pemuda yang pembuat onar. Warga melampiaskan kekesalannya dengan melempar batu sambil melontarkan kata-kata cacian.


Untuk diketahui, dua kelompok yang berseteru tersebut berada terpisah jalan. Kelompok penyerang, berada di Jalan Nirbaya, sementara kelompok yang diserang berada di sebuah rumah di Gang Agape, jalan kecil yang berada di Jalan Nirbaya.


Pukul 22.45 WIB, dua truk polisi dari Satuan Sabhara serta 25 orang pasukan bermotor Pengendalian Masyarakat Brimob Mapolrestro Jakarta Timur, turun ke lokasi. Turut hadir dalam upaya menenangkan massa, Kapolrestro Jakarta Timur, Kombes Saidal Mursalin; Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Timur, AKBP M Soleh; Kapolsek Makasar, Kompol Edi Surasa serta jajarannya.


Senin dini hari, sekitar Pukul 00.30 WIB, polisi mengevakuasi sembilan orang yang menjadi pemicu kerusuhan. Suasana mencekam sempat mengiringi evakuasi itu karena kelompok warga berada tak jauh dari truk evakuasi. Saat truk berjalan, warga sempat melempar batu ke arah truk yang telah dilindungi tameng Polisi.


Kapolres Jakarta Timur, Kombes Saidal Mursalin mengatakan, pihaknya belum menetapkan satu pun tersangka. Pasalnya, polisi baru memeriksa sembilan orang yang diduga menjadi biang rusuh.


Tak hanya itu, polisi juga memeriksa beberapa orang saksi termasuk tiga orang korban yang sebelumnya mendapatkan aksi penganiayaan. "Pertama, kami akan selesaikan secara hukum, di samping itu saya minta masyarakat melalui RT, tokoh masyarakat untuk menjaga situasi kamtibnas yang sudah kondusif supaya tak ada korban lagi," katanya.






Editor :


Hertanto Soebijoto









Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Kronologi Rusuh di Pinang Ranti

Dengan url

http://informationtechnologyinternet.blogspot.com/2012/11/ini-kronologi-rusuh-di-pinang-ranti.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Kronologi Rusuh di Pinang Ranti

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Kronologi Rusuh di Pinang Ranti

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger